Sabtu, 13 April 2013

GERHANA


Bumi dan bulan merupakan benda angkasa yang tidak mempunyai cahaya sendiri . Tanpa adanya cahaya matahari yang dipantulkan oleh bumi maupun bulan , maka bumi tidak akan kelihatan dari bulan , demikian juga bulan tidak akan kelihatan dari bumi . Apabila dalam peredarannya , baik bumi maupun bulan berada dalam suatu garis lurus dengan matahari maka memungkinkan terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan .
A.   Gerhana Matahari
Gerhana matahari adalah gerhana  yang terjadi akibat bayang-bayang bulan mengenai bumi , artinya cahaya matahari yang menuju bumi pada siang hari terhalang oleh bulatan bulan . Oleh karena diameter bulan tidak lebih besar daripada diameter bumi mak gerhana matahari hanya terjadi pada sebagian kecil permukaan bumi sja dan hanya berlangsung kurng lebih 7 menit .



B.    Gerhana Bulan
Gerhana bulan adalah gerhana yang terjai akibat bayang-bayang bumi mengenai bulan , artinya cahaya matahari yang menuju bulan pada malam hari terhalang oleh bulatan bumi . Karena diameter bumi lebih besar daripada diameter bulan , seluruh bulatan bulan akan tertutup oleh bulatan bumi , sehingga ketika terjadi peristiwa gerhana bulan maka seluruh permukaan bumi yang pada saat itu sedang malam hari akan mengalami gerhana bulan yang berlangsung kurang lebih 1 jam 40 menit .



Sumber : Waluya , Bagja . 2009 . BSE Geografi SMA/MA Untuk Kelas X, Semester 1 dan 2. Bandung : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar