Jumat, 12 April 2013

JAGAT RAYA

Jagat raya adalah istilah lain dari alam semesta . Jagat raya adalah sebuah ruang tempat segenap benda langit berada , termasuk bumi tempat manusia hidup . Di jagat raya terdapat bermilyar-milyar bintang , planet-planet , komet , metor . Selain itu , di jagat raya juga terdapat debu , kabut dan gas .
1.Teori terbentuknya tata surya
 Terdapat dua teori utama yang menjadi dasar terjadinya alam semesta atau jagat raya ini , yaitu teori ledakan besar dan teori mengembang dan memampat .
A . the bigbang theory ( teori ledakan besar )
                Teori big bang menyatakan bahwa jagat raya berawal dari adanya suatu massa yang sangat besar dengn berat jenis besar pula yang mengalami ledakan yang sangat dahsyatkarena adanya reaksi pada inti massa . Ketika terjadi ledakan besar , bagian dari massa tersebut berserakan terpental menjauhi pusat ledakan . milyaran tahun kemudian, bagian-bagian yang terpental itu membentuk kelompok-kelompok yang sering kita sebut yaitu galaksi-galaksi .
B . the oscillating theory ( teori mengembang dan memampat )
                Menurut teori ini jagat raya terbentuk karena adanya suat siklus materi yag diawali dengan masa ekspansi atau mengembang yang disebabkan oleh adanya reaksi inti hidrogen , pada tahap ini terbentuklah galaksi-galaksi . Tahap ini berlangsung kurang lebih selama 30 milyar tahun , seteah itu galaksi-galaksi dan bintang yang telah terbentuk akan meredup , kemudian memampat yang didahului dengan keluarnya pancaran pans yang sangat tinggi . kemudian tahap selanjutnya adalah tahap mengembang dan setelah itu memampat lagi .
 2.    Galaksi
Galaksi adalah kumpuln bintang-bintang  yang membentuk suatu sistem yang terdiri atas satu atau lebih benda angkasa yang berukuran besar dan dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainnya sebagai anggota yang bergerak mengelilinginya secara teratur . Suatu galaksi pada umumnya terdiri atas milyaran bintang yang memiliki ukuran , karakterstik dan warna yang beranekaragam.
Galaksi – galaksi yang diamati oleh para astronom sejauh ini terdiri atas 75% galksi spiral , 20 % galaksi elips , dan 5% galaksi tak beraturan .Tetapi berdsarkan data diatas bukan berarti gakasi spiral yang paling banyak terdapat di jagat raya ini , karena galaksi yang paling banyak di jagat raya ini adalah galaksi elips . Galaksi dibagi menjadi tiga tipe berdasarkan garis besar dan menurut morfologinya , yaitu :
§  Galaksi spiral
Galaksi spiral memiliki bentuk spiral yang indah , sehingga galaksi spiral paling umum dikenal oleh orang-orang . Galaksi kita adalah galaksi spiral , dan anggota dari galaksi ini adaah bintang-bintang tua dan muda .bintang-bintang tua terdapat di gugus-gugus bola yang tersebar menyelimuti galaksi . Bagian – bagian utama galaksi spiral , yaitu :
*      Halo
*      Bidang galaksi ( termasuk lengan spiral )
*      Bulge ( bagian pusat galaksi yang menonjol )
Gugus bola adalah kumpulan bintang-bintang yang berjumlah puluhan sampai ratusan ribu bntang yang lahir bersama-sama , mengumpul berbentuk bola . Gugus bola inilah yang membentuk halo bersama-sama dengan bintang-bintang yang tidak terdapat  di bidang galaksi .
Bintang-bintang muda terdapat di lengan spiral galaksi yang berada di bidang galaksi. Bintang-bintang muda ini masih banyak diselimuti oleh materi antar bintang , yaitu bahan yang bintang tersebut . Bulge pada galaksi spiral adalah bagin yang paling padat .
Pada  Bima Sakti , pusat galaksi terdapat  di arah Rasi Sagitarius , tetapi kita tidak dapat mengamatinya dengan mudah , karena materi antar bintang banyak meyerap cahaya yang berasal dari pusat galaksi . Galaksi spiral memipih dan membentuk bidang galaksi hal ini disebabkan oleh kecepatan rotasinya yang besar .
Besar kecilnya ecepata rotasi pada galaksi spiral bergntung pada massa galaksi tersebut . Semakin kearah pusat galaksi , kecepatan rotasinya semakin besar . selain Bima Sakti , contoh dari galaksi spiral adalah andromeda . Ukuran andromeda sedikit lebih besar dari pada Bima Sakti . Andromeda dan Bima Sakti termask galaksi spiral raksasa  Jarak galaksi andromeda sekitar 2,5 juta tahun cahaya . Untk mengarungi jarak sejauh itu , cahaya memerlukan waktu 2,5 juta tahun . Ini berarti bahwa cahaya yang kita terima dari galaksi ini adalah cahaya yang dikirimnya 2,5 juta tahn yang lalu yang menggambarkan keadaan galaksi tersebut pada waktu itu .



Gambar galaksi spiral
 §  Galaksi Elips
Galaksi elips memiliki bentuk elips . Galaksi berbentuk elips meliputi 17% dari jumlah galaksi yang telah dikenal .Galaksi ini menyerupai bentuk dasar bulatan besar yang berbentuk lonjong ( elips ) di angkasa yang memancarkan sinar yang relatif terang . Contoh
 : Galaksi Fornax dan Galaksi Skulpter



Gambar galaksi elips
§  Galaksi Tak Beraturan
Galaksi tak beraturan merpakan galaksi yang tidak mempunyai bentuk dasar spiral ataupun elips . Galaksi ini terlihat seperti suatu kumpulan bintang dan benda-benda angkasa lainnya yang letaknya tidak beraturan . Contoh : Galaksi Magellan









Gambar galaksi tak beraturan


  • Galaksi Bima Sakti
Bima sakti termasuk golongan galaksi spiral yang mempunyai bentuk cakram . Diameter galaksi ini mencapai panjang 100.000 tahun cahaya . Artinya , cahaya dengan kecepatan sebesar 300 juta m /detik akan menyelesaikan perjalanan dari sat ujung galaksi ke ujung yang lain dalam waktu 100.000 tahun . Galaksi ini terdiri atas bintang-bintang individual , awan antar bintang , dan gugus bintng . Ada dua macam gugus bintang , yaitu gugus terbuka dn gugus tertutup .Gugus teruka terdiri atas ribuan bintang dengan gaya gravitasi timbal balik cukup lemah yang bergerak bersama dalam ruang angkasa . Gugus ini terletak di cakram utama dan lengan galaksi bima sakti .Adapun gugus tertutup  gugus tertutup merupakan ggus bintang yang berbentuk bola dan simetris dengan anggota ratusan ribu bintang .Gugus tertutup ini berhamburan dan membentuk suatu sistem gugus yang berpusat pada pusat galaksi , seperti kerumunan lebah disekitar bunga . Matahari terletak sekitar 30.000 tahun cahaya dari psat galaksi . Diperkirakan bahwa waktu edar matahari terhadap pusat galaksi sekitar 220 juta tahun .Dalam lingkungan bimasakti, Matahari adalah salah satu dari 200 milyar anggota bima sakti .Jarak antar bintang dilingkungan galaksi berkisar antara 4 hingga 10 tahun cahaya . Bintang terdekat dari matahari yaitu Proxima centauri yng berjarak 4,23 tahun cahaya . Semakin kearah pusat galaksi , jumlah bintang semakin banyak ,artinya nilai kerapatan bintang semakin besar .




Gambar galaksi bima sakti
3 . Nebula
          Nebula adalah kabut atau awan debu dan gas yang bercahaya dalam suatu umpulan sangat luas . Nebula banyak diyakini oleh para ahli sebagai suatu materi cikal bakal terbentuknya suatu sistem bintang , seperti sistem bintang matahari atau biasa disebut tata surya . Nebula yang terkenal , antara lain :
*      Nebula Orion M42
*      Nebula Trifid di Sagitarius

Contoh Nebula




4 . Rasi Bintang
                Rasi Bintang atau Konstelasi Bintang adalah kelompok bintang-bintang yang membentuk pola tertentu dan letaknya berdekatan . Contohnya Rasi Bintang Pari ( crux ) merupakan kumpulan dari empat bintang yang letaknya berdekatan , yakni Bintang Alfa , Gamma , dan Delta . Selain Rasi Bintang Pari , nama-nama rasi bintang lainnya adalah Rasi Bintang Orion , Centauri , Ursa Mayor , Lyra dan Aquila .
Disekitar Ekliptika yang seolah-olah melingkari bola langit terdapat 12 rasi bintang yang disebut Zodiak . 12 Rasi Bintang yang ada di sekitar ekliptika , yaitu :
*      Aries
*      Taurus
*      Gemini
*      Cancer
*      Leo
*      Virgo
*      Libra
*      Scorpio
*      Sagitarius
*      Capricorn
*      Aquarius
*      Pisces

Gambar 12 Rasi Bintang






5 . Bintang

                Bintang adalah benda angkasa berbentuk bulat yang mempunyai cahaya sendiri . slah satu bintang yang paling kita kenal adalah bintang matahari . Nama-nama bintang lainnya yaitu , Polaris , Antares , Aldaberan , Sirius , Spica , Betelguese , Hidra , Pegasus , Carina , dan lain-lain.

                Magnitudo adalag derajat terang atau tingkat kecemerlangan bintang . Magnitudo di hitung dari 1 sampai 6 . Bintang yang magnitudonya 1 lebih terang 2,5 kali daripada bintang yang magnitudonya 2  , dan seterusya . Bintang pada tingkat kecemerlangan lebih terang daripada bintng bermgnitudo 1 diberi tanda – (minus) . Matahari sebagai salah satu bintang yang mempunyai magnitudo sekitar -26,8 , artinya matahari merupakan bintang yang sangat cemerlang bila dilihat dari bumi . Hal ini dikarenakan letaknya paling dekat dengan bumi . Sedangkan bintang yang sangat jauh dan hampir tidak terlihat oleh mata disebut bintang bermagnitudo 6  .


Gambar bintang sirius








Sumber :Waluya, Bagja . 2009 .BSE Geografi SMA/MA Untuk Kelas X, Semester 1 dan 2. Bandung : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional





Tidak ada komentar:

Posting Komentar