Minggu, 14 April 2013

PANGEA DAN GONDWANA


Lapisan bumi yang tersusun dari berbagai proses secara sedemikian rupa , nampaklah bagian –bagian yang diantaranya bagian terluar yang keras dan bagian bawah yang relatif cair .Kita merasakan seolah-olah permukaan bumi adalah sesuatu yang kaku dan diam ( tidak bergerak ). Ternyata sejak zaman dulu , permukaan bumi yang diam ini telah mengalami perjalanan atau pergeseran yang jauh dari bentuknya semula . Diantara para ilmuwan yang memberikan gagasan tentang adanya pergeseran di bumi yaitu Antonio snidr – pellegrini yang mengamati benua-benua Afrika dan Amerika Selatan merupakan benua yang pernah bersatu .
Seorang ahli ilmu cuaca dari Jerman yang bernama Alfred Wegener (1912) , dalam teorinya yang terkenal yaitu teori pengapungan benua ( Continental drift theory ) mengemukakan bahwa sampai sekitar 225 juta tahun lalu , di bumi baru ada satu benua dan samudra yang luas . Benua raksasa ini dinamakan pangea dan kawasan samudera yang mengapintnya dinamakan panthalassa .
Sedikit demi sedikit pangea mengalami retakan-retakan dan pecah . Sekitar 135 juta tahun yang lalu , benua raksasatersebut pecah menjadi dua , yaitu pecahan benua di sebelah utara dinamakan laurasia dan di bagian selatan yang dinamakan lut tethys . Sisa laut tethys pada saaat ini merupakan jalur cebakan minyak bumi di sekitar laut-laut di kawasan Timur Tengah .
Baik laurasia maupin gondwana kemudian terpecah – pecah lagi menjadi daratan yang lebih kecil dan bergerak secara tidak beraturan  dengan kecepatan gerak berkisar antara 1-10 cm pertahun  (coba kalian lihat teori tektonik lempeng ) . Dalam sejarah perkembangan planet bumi , sekitar 65 juta tahun lalu , Laurasia merupakan cikal bakal benua-benua ang saat ini letaknya di sebelah utara ekuator (belahan bumi utara ) , meliputi Eurasia , Amerika Utara , dan pulau-puau kecl disekitarnya . Adapun Gondwana merupakan cikal bakal benua-benua di behan bumi selatan , meliputi Amerika Selatan , Afrika , Sub Benua India , Australia dan Antartika , hingga terbentuklah benua-benua yang kita saksikan saat ini .



Kerak bumi atau lapisan bumi bagian atas pada dasarnya terdiri atas kerak samudra dn kerak benua . Kedua kerak ini bukanlah sesuatu yang kaku dan diam , tetapi terus bergerak aktif mengalami pergeseran hingga saat ini .
Sumber : Waluya , Bagja . 2009 . BSE Geografi SMA/MA Untuk Kelas X, Semester 1 dan 2. Bandung : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar